Upload Sketch menggunakan USB to TTL pada board GSM PCB Controller

Halo teman – teman kali ini kami akan memberikan tutorial tentang cara melakukan upload pada board GSM PCB Controller menggunakan sebuah modul yaitu USB to TTL. jadi fungsi dari tutorial ini yaitu agar supaya teman – teman yang menggunakan board ini, tidak perlu lagi melepas IC ATmega 328 yang ada di board GSM PCB Controller dan dipasang di board arduino uno untuk melakukan upload sketch atau melihat data yang ada di Serial Monitor Software Arduino IDE. ini juga sangat bermanfaat misalkan jika teman – teman tidak memiliki sebuah board arduino uno tentunya.

Jadi langkah awalnya teman – teman perlu menyiapkan :
– 3 kabel jumper Female to Female
– 1 modul USB to TTL
– 1 Board GSM PCB Controller
– Software arduino IDE (untuk meng-upload sketch/program)

Jangan lupa setting port COM dan board(“Arduino/Genuino Uno”) pada tab “Tools” di software Arduino IDE. Step selanjutnya ada pada video berikut.

Jika di software Arduino IDE Port COM dari USB to TTL tidak terbaca lakukan installasi driver untuk USB to TTL terlebih dahulu, teman – teman bisa download disni. Selanjutnya ekstrak file .RAR tersebut dan lakukan installasi seperti biasa sampai FINISH.
Selanjutnya buka “Device Manager” dan cari USB TTL yang mempunyai tanda ‘!’.

Kemudian klik kanan pada usb yang terdeteksi tersebut, dan klik “Update Driver”. kemudian pilih “Browse my computer…..” dan selanjutnya klik “Let me pick from a list…” dan pilih versi driver Prolific USB-to-Serial Comm Port Version: 2.1.30.193

Kemudian klik Next, selanjutnya buka kembali software Arduino IDE dan upload sketch kembali. Terimakasih.

Link Pembelian

Tokopedia
BukaLapak

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x

PESAN DARI ADMIN

Salam Sehat..! Istirahatlah yang cukup, mulailah hidup bersih dengan rajin cuci tangan karena anda tidak mengetahui bakteri yang ada di komputer kerja anda. Semoga anda terhindar dari COVID-19 ini. Jika anda perduli dengan keselamatan diri anda. maka anda sudah sangat peduli dengan keselamatan orang lain.