IoT Project WhatsApp Kontrol Relay dan Monitoring Temperatur Menggunakan WhatsApp ESP12E/F

Halo teman – teman semua kali ini DT Production akan menawarkan sebuah proyek yaitu Mengontrol 2 channel relay serta memonitoring suhu dan kelembaban menggunakan WhatsApp. Pada proyek ini kita akan menggunakan Board IoT Porject Controller yang merupakan produk dari DT Production. dimana board tersebut sudah dibekali dengan 2 channel relay dan menggunakan Wifi kontroller persis seperti NodeMCU yaitu ESP12E / F. lebih jelasnya silahkan klik link dibawah ini untuk melihat board IoT Project Controller.

Dapat kita ketahui bahwa WhatsApp tidak menyediakan API yang dapat di akses oleh publik. salah satu contoh API public pada aplikasi chatting adalah Telegram. yang berbeda disini kita akan membuat sebuah BOT layaknya telegram untuk dapat menjalankan request (pesan) yang berefek pada kontroler contohnya relay. Teman – teman dapat melihat video berikut ini yang merupakan hasil dari proyek ini.

Apa saja modul yang dibutuhkan untuk proyek ini ?

Qty (pcs) Nama Barang
1 Board IoT Project Controller
1 DHT11 / DHT22
1 USB to TTL
3 Kabel jumper Female to Female
1 Adaptor 5v 2A

Teman – teman bisa mengecek modul – modul tersebut ditoko DT Production

Apa saja yang didapat ketika membeli proyek ini ?

Teman – teman akan mendapatkan 1pcs Board IoT Project Controller, 1 USB to TTL, & 1 set kabel jumper Female to Female 10pcs, Serta Password login ke halaman tutorial diwebsite ini.

SYARAT DAN KETENTUAN

  • Perlu teman – teman ketahui bahwa WhatsApp tidak memiliki API yang bersifat publik. sehingga pada proyek ini kita akan menggunakan layanan pihak ke-3 (Third Party) yang TERPERCAYA.
  • Ketika API yang kita gunakan ada perubahan dalam segi ketentuan tentu kita harus mengikuti ketentuan dari layanan tersebut. tapi jangan khawatir admin sudah membuktikan kualitas layanan ini. sempat ada perubahan yang dilakukan. perubahan yang dilakukan adalah hanya nama website layanan tersebut diubah kemudian API Key juga berubah. solusinya tinggal menyalin API key yang baru kemudian tambahkan ke program yang memiliki parameter API Key
  • Layan API yang digunakan tidaklah gratis. alias memiliki biaya. berapa biaya service nya:

Outgoing message : biaya layanan pengiriman 1 pesan (pesan melalui penggunan API)
Incoming message : biaya layanan membaca pesan perhari (20 pesan teratas/terbaru)

  • Untuk melakukan topup dapat menggunakan layanan Kredit Card, Debit online (VCN BNI), dan Paypal. dokumentasi admin melakukan topup secara aman via debit online
  • Terdapat minimal topup yaitu $10 silahkan konversikan nilai tukar dengan rupiah.
  • Pada proyek ini teman – teman perlu berlangganan shared hosting & domain fungsinya untuk menampung file rest API.

Dengan demikian ketika teman – teman telah membaca sayarat dan ketentuan, kemudian teman – teman telah mebeli produk ini maka dianggap telah setuju dengan syarat dan ketentuan.

Layanan API yang digunakan sangatlah bagus dan bertanggung jawab serta memberikan informasi kepada penggunanya dalam bentuk Email ketika adanya update atau akun WhatsApp yang ditautkan tidak lagi terkoneksi dengan layanan API.

Dokumentasi notifikasi email dari layanan API

Selain itu fitur lain dari layanan API ini kita dapat mengirimkan gambar , file PDF, file audio berformat .ogg. teman – teman dapat melihat dokumentasinya di dashboard layan api yang akan kita gunakan pada proyek ini.

Jika teman – teman ingin membeli proyek ini silahkan klik link berikut ini untuk berbelanja via tokopedia. dan khusus pembelian diluar indonesia silahkan menghubungi admin via email : dtproduction08@gmail.com untuk pembayaran via paypal.

Ketika teman – teman sudah melakukan pembelian. Silahkan teman – teman akses halam tutorial pada link berikut. masuklah dengan password yang admin berikan.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x

PESAN DARI ADMIN

Salam Sehat..! Istirahatlah yang cukup, mulailah hidup bersih dengan rajin cuci tangan karena anda tidak mengetahui bakteri yang ada di komputer kerja anda. Semoga anda terhindar dari COVID-19 ini. Jika anda perduli dengan keselamatan diri anda. maka anda sudah sangat peduli dengan keselamatan orang lain.