Menyimpan TAG ID RFID ke Database MySQL Dengan ESP32 DEVKIT V1 Part II

Halo teman – teman, kali ini DT Production akan melanjutkan pembahasan lanjutan dari tutorial sebelumnya Menyimpan TAG ID RFID ke Database MySQL Dengan ESP32 DEVKIT V1 Part I. Pada tutorial ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menyimpan TAG ID atau UID RFID ke database MySQL. jadi cara kerja alat ini yaitu. pengguna cukup melakukan scan tag RFID maka secara otomatis data tag atau UID akan langsung disimpan kedalam database.
Sungguh sangat bermanfaat bukan ?, Perlu teman – teman ketahui pada percobaan ini hanya akan menggunakan database lokal saja atau yang sering kita dengar yaitu localhost. terus bagaimana jika teman – teman ingin projek ini online ?? ya tentu saja bisa. Teman – teman perlu menyediakan layanan server hosting tentunya untuk menampung file php serta database pastinya.
Satu lagi, kita akan menggunakan file php, dimana file php ini berfungsi untuk menangkap http request yang akan kita kirim dari ESP32 menggunakan metode GET.

Pada percobaan ini teman – teman dapat membeli modul yang akan digunakan yaitu :

  1. ESP32 Devkit V1
  2. Base / Expansion board ESP32 DEVKIT V1
  3. Kabel Jumper Female to Female
  4. Adaptor 9v

Silahkan kunjungi toko kami :

Diharapkan teman – teman sudah mengikuti atau membaca postingan DT Production sebelumnya, karna mempunyai keterkaitan dengan percobaan kali ini.
pada awal percobaan diharapkan teman – teman sudah menginstall XAMPP khusus untuk localhost (lokal) jika menggunakan layanan server hosting silahkan login cPanel hosting teman – teman.

  • Selanjutnya download file sql nya, dan buatlahj sebuah database pada phpMyAdmin dengan nama db_uid kemudian import ke phpMyAdmin file sql yang sudah di unduh. jika berhasil akan tampil seperti gambar berikut. Download file sql nya disini.
  • Kemudian, buatlah sebuah folder pada direktori htdocs biasanya direktori nya adalah C/xampp/htdocs untuk layanan server hosting teman – teman bisa masuk pada File Manager kemudian masuk pada direktori Public_html. berilah nama pada folder tersebut yaitu rfid
  • Selanjutnya bukalah sebuah text editor seperti Notepad++, Sublime Text dll. kemudian salin skrip berikut dan tempelkan/paste di dalam text editor dan simpanlah didalam folder rfid dengan nama koneksi.php
  • Setelah kita berhasil membuat sebuah file koneksi.php yang berfungsi untuk menghubungkan projek ini dengan database. selanjutnya kita akan membuat sebuah file php lagi dengan nama get.php Kemdian simpanlah didalam folder rfid.
  • Selanjutnya teman – teman dapat menyalin sketch berikut ini, yang merupakan sketch untuk menyimpan data tag atau UID RFID ke database MySQL.

teman – teman dapat memperhatikan pada baris program

pada baris program tersebut terlihat ada sebuah IP Address 192.168.1.7 dari pc server. yang dimaksud pc server adalah komputer / laptop yang teman – teman gunakan, dimana sudah di install XAMPP dan juga sudah ada folder rfid pada direktori htdocs. maka dari itu gantilah IP Address tersebut dengan IP Address komputer teman – teman.
Jika teman – teman menggunakan server hosting, gantilah IP Address tersebut dengan domain atau URL yang teman – teman miliki. dan jangan menggunakan https ya karna belum support SSL.

Selanjutnya teman – teman dapat meng-upload sketch tersebut ke kontroler ESP32 Devkit V1. berikut ini merupakan video penjelasan program dan hasil percobaan pada tutorial kali ini.

You May Also Like

About the Author: admin

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x

PESAN DARI ADMIN

Salam Sehat..! Istirahatlah yang cukup, mulailah hidup bersih dengan rajin cuci tangan karena anda tidak mengetahui bakteri yang ada di komputer kerja anda. Semoga anda terhindar dari COVID-19 ini. Jika anda perduli dengan keselamatan diri anda. maka anda sudah sangat peduli dengan keselamatan orang lain.