Membuat Saklar Google Assistant

Membuat Saklar Google Assistant
930 x 180 AD PLACEMENT

Halo teman – teman, kali ini DT Production akan membuat sebuah Tutorial tentang bagaimana membuat saklar Online menggunakan google assistant. tentunya tutorial ini sangat bermanfaat kepada teman – teman yang ingin membuat sebuah sistem kendali jarak jauh, tinggal mengucapkan OK goole saja yang di ikuti dengan perintah yang sudah kita buat untuk menyalakan sebuah lampu.

Untuk membuat project ini, teman – teman bisa menggunakan mikrokontroller yang sudah dibekali WiFi modul seperti Nodemcu dll. atau jika teman – teman yang tidak mau ribet, bisa menggunaka produk dari DT Production yaitu Board IoT Project Controller.

Board tersebut sudah dibekali 2 Channel relay yang teman – teman bisa lihat pin map dan setup awal dari board tersebut disini.

Untuk membuat project ini, teman – teman perlu melakukan pendaftar ke 2 macam paltform IoT yaitu Adafruit IO dan IFTT. untuk melakukan pendaftaran silahkan klik link dibawah ini:

930 x 180 AD PLACEMENT

https://io.adafruit.com


https://ifttt.com/

Setelah teman -teman selesai melakukan pembuatan akun di kedua platform tersebut maka kita akan masuk pada tahap pembuatan project google assistant. disini saya menggunakan board IoT Project Controller.

Silahkan mengikuti video langkah – langkah pembuatan serta pengujian berikut ini.

930 x 180 AD PLACEMENT
https://youtu.be/8IqBukhea-Y

Sebelum mengunduh sketch google assistant, teman – teman perlu menyalin AIO Key dari projek adafruit IO yang sudah teman – teman buat kemudian username & Active Key akan dimasukan kedalam sketch arduino.

Selanjutnya Download sketch berkut ini kemudian buatlah project baru lalu Copy sketch yang sudah di download ke dalam sketch yang baru teman – teman buat. sebelum melakukan upload tambahkan library yang sudah di download kedalam Arduino IDE.

[sociallocker]

 
 
 
 
[/sociallocker]
 

Selanjutnya lakukan upload. Cara melakukan upload pada board IoT Project Controller, silahkan klik disini

930 x 180 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Programmer & Videographer.

2 thoughts on “Membuat Saklar Google Assistant

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
930 x 180 AD PLACEMENT