Saklar Online IoT Berbasis Android

Saklar Online IoT Berbasis Android
930 x 180 AD PLACEMENT

Halo teman – teman kembali lagi DT-Production akan memberikan sebuah tutorial tentang cara membuat saklar online (realtime) berbasis android menggunakan board IoT Project Controller atau ESP 12E/F. pada projek kali ini cara kerja alat yang akan kita buat dapat dikontrol dari mana saja, tentunya merupakan projek IoT (internet of things) yang dapat di kontrol walau berbeda network atau jaringan. salah satu kelebihanya kita tidak perlu menggunakan sebua perangkat router yang harganya relatif tidak murah dan pada umumnya mengandalkan fitur port forward atau protokol tunnel PPTP atau juga disebut VPN ataupun di lokasi tempat tinggal teman – teman tidak ada layan internet dari ISP contohnya IndiHome. Akan tetapi teman – teman bisa menggunakan perangkat yang murah meriah seperti usb modem saja yang memiliki fitur WiFi dalam membagikan koneksi internet.

Oke langsung saja, pada projek ini DT Production menggunakan board IoT Project Controller, yang merupakan produk dari DT Production, yang teman – teman bisa dapatkan di online marketplace Tokopedia ataupun BukaLapak. teman – teman bisa melakukan order pada link berikut ini.

Order via :
Tokopedia
BukaLapak

Untuk langkah awal silahkan teman – teman membaca terlebih dahulu tentang setup awal pada board IoT Project Controller, yang membahas tentang cara melakukan Upload Sketch, Pin Map dll, disini.

930 x 180 AD PLACEMENT

Untuk bisa kita melakukan pengontrolan walaupun berbeda network atau jaringan, maka kita akan mengandalkan sebuah database realtime dari google secara gratis, yaitu google firebase.
teman – teman dapat membuat akun terlebih dahulu. untuk langkah – langkah membuat akun firebase dapat teman – teman lihat di google. selanjutnya buat sebuah database realtime yang dapat teman – teman ikuti langkah – langkah nya disini.
kemudian buat sebuah struktur pada database seperti pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya teman – teman, download library firebase dan arduino json dan selanjutnya ditambahkan ke dalam software Arduino IDE teman – teman sendiri. dengan cara buka software Arduino IDE, kemudian klik tab menu :
Sketch > Include Library > Add .ZIP Library.. > Pilih library yang akan ditambahakan berformat .ZIP.

Download Library

Firebase
Arduino JSON

Kemudian kita perlu membuat, sebuah aplikasi android. cara termudah kita membuat sebuah aplikasi .apk, kita dapat membuat dengan salah satu platform appy builder. untuk langkah langkahnya teman – teman lihat pada video berikut ini. sebelumnya DT Production memohon maaf jika tampilan aplikasi yang sangat sederhana, dikarenakan ini hanya percobaan dan diharapkan dapat di kembangkan oleh teman – teman sendiri.

930 x 180 AD PLACEMENT
Pembuatan Aplikasi Android

Selanjutnya teman – teman download sketch berikut. Setelah selesai download buka software Arduino IDE kemudian buatlah sebuah project baru, kemudian copy sketch yg sudah di download dan paste di project baru yang teman – teman buat. Kemudian sesuaikan jenis board dan port COM yang terdeteksi di software Arduino IDE dan upload.
Silahkan download sketch nya disini

Terima kasih.

930 x 180 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Programmer & Videographer.

4 thoughts on “Saklar Online IoT Berbasis Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like
930 x 180 AD PLACEMENT